Belajar Dari Nol…

Belajar dari Nol, merupakan sebuah rangkaian pengalaman membangun dan melakukan program pendidikan konservasi di dalam kawasan taman nasional. Pengalaman yang kami lakukan memang bermula dari titik nol (belajar dan belajar) untuk melakukan kegiatan program pendidikan bagi siswa sekolah, mahasiswa ataupun masyarakat umum. Karena kegiatan sehari-hari tidak hanya memberikan informasi kepada siswa sekolah, tetapi juga kepada pengunjung dari berbagai kalangan, seperti anggota keluarga, kelompok pecinta alam, staff dan karyawan kantor ataupun pengunjung lain yang ingin melakukan studi banding mengetahui lebih jauh tentang program yang telah dilakukan.

Pendidikan konservasi yang telah kami kembangkan sejak tahun 1998, sebenarnya lebih cenderung kepada mempromosikan dan menarik minat semua pihak untuk memecahkan bersama permasalahan lingkungan yang ada di sekitar kita. Caranya adalah memberikan pengetahuan tentang kehidupan di alam, sehingga mereka dengan sendirinya akan mengetahui bagaimana sebaiknya memelihara alam itu sendiri. Selain itu juga dengan berbagai kemasan yang ada, peserta diajak untuk berpikir, memotivasi dan menimbulkan apresiasi untuk melestarikan alam dan lingkungan.

Program yang kami lakukan selain ditujukan kepada siswa sekolah formal, yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keluarga dan lingkungannya, juga memberikan pengetahuan sedini mungkin agar kelak selalu diingat dalam kehidupannya.

Pemberian pengetahuan kehidupan di alam kepada lingkungan pendidikan non formal, tak kalah pentingnya. Misalnya kepada masyarakat dari berbagai kalangan. Program di sini lebih mengetengahkan masalah pesan-pesan konservasi yang diberikan dengan berbagai permainan dan simulasi.

Program pendidikan yang dilakukan tak hanya berkunjung ke sekolah, namun cenderung siswa berkunjung ke lapangan. Kontak langsung dengan alam, memberikan pengalaman yang unik dan atau pengelaman yang pertama untuk mengetahu tentang alam. Sehingga pengalaman ini akan dijadikan sebuah kenangan bagi setiap orang yang datang.

Proses yang panjang dengan berawal pengalaman untuk pendidikan di alam yang minim, mengeluarkan sebuah catatan yang tak ternilai harganya. Hanya berbekal kemauan dan kerjasama antara semua pihak, program ini berjalan dengan baik dan mendapatkan respon dari pengunjung dan peserta pendidikan yang cukup menggembirakan.

Kekurangan tentu terjadi setiap saat, masukan dari pengunjung dan hasil pertemuan serta buku-buku literatur, merupakan tambahan dalam mengembangkan program pendidikan. Bermimpi untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan konservasi alam yang mandiri, tentu tak mudah. Dan pengalaman inilah yang membuat kami terus mengembangkan program pendidikan konservasi dengan konsep kemandirian. Kemungkinan suatu saat pembaca merencanakan mendirikan sebuah program pendidikan konservasi alam, atau yang sedang mengembangkan, pengalaman ini cukup menarik untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan program tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat, Amien

YAPEKA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: